AKU Seorang Penulis

Menulis merupakan kegiatan meyalurkan kata-kata melalui tulisan maupun ketikan .

Meski udah ribuan kali niat selesaikan novel. Selalu aja mentok di halaman pertama dan nggak ada kata lagi untuk melanjutkannya. Alhasil, novel yang sebelumnya diniatkan sampai berapi-api Cuma dibiarkan terbengkalai. Jadi penulis itu nggak susah kok sebenarnya. Asalkan mau mengikuti ritual berikut ini secara rutin. Apa aja sih ritual yang harus dijalani para penulis? Simak yuk, ritual-ritual biar bisa jago nulis.

 

  1. MULAI DENGAN BLOG

Meski kelihatannya sepele , ternyata bikin blog bisa meningkatkan semangat penulis . Soalnya dituntut untuk menulis seenggaknya satu tulisan sehari . Jadi , semakin lama semakin terbiasa karena udah keseringan nulis blog . Manfaat blog tidak berhenti sampai disini . Sifatnya yang online , membuat orang lain bebas membacanya dan memberi komentar . Kebanyakan komentarnya membangun , kok . Sehingga menggairahkan semangat dan merasa termotivasi olehnya . Blog pun semakin rajin digarap . Kalau perlu , bikin blog yang isinya rancangan novel . Tuliskan di blog itu secara rutin , lama-lama juga setebal buku .

 

  1. RAJIN MEMBACA

Syarat mutlak bagi seorang penulis adalah membaca . Nggak ada satupun penulis di dunia ini yang nggak suka baca . Soalnya, membaca adalah akar dari kesuksesan para penulis . Dengan membaca banyak buku , kosakata dan penyusunan kalimat akan semakin terasah . Tak jarang juga mendapatkan ide menarik dari sekedar membaca buku . Jadi , biasakanlah membaca buku minimal 1 jam sehari . Soalnya , selain bisa menambah pengetahuan dan wawasan . Membaca juga jadi kunci penting dalam menulis , bak seorang yang menanam benih-benih kata dalam pikirannya . Buatlah ruang baca senyaman mungkin . Biar betah membaca puluhan buku berjam-jam sehingga nanti kegiatan menulisnya itu dipermudah oleh penanaman kata-kata , jadi kegiatan menulis itu diibaratkan kita memetik apa yang kita sudah tanam .

 

  1. PUNYA BUKU HARIAN

Menceritakan apa yang sedang terjadi hari ini jauh lebih mudah ketimbang memikirkan alur cerita novel yang butuh reset atau artikel . Bikin buku harian juga bisa meningkatkan kualitas menulis . Selain menuangkan isi hati dan “uneg-uneg” yang dipikirkan seharian , buku diary juga bisa membuat hati tenang . Selama penulisan diary ini rajin dilakukan secara rutin setiap harinya . Perlahan gaya bahasanya akan semakin luwes dan enak dibaca . Menulis novel pun jadi lebih mudah .

nulis

Lazy ! ! ! , No Way

Rasa malas biasanya dialami oleh kebiasaan yang suka menunda sesuatu . Itu bisa menjadi hambatan dalam melakukan dan menyelesaikan aktivitas apapun . Apalagi malasnya muncul ketika masa-masa ulangan tiba . Malas belajar bisa berimbas pada hasil ulangan Sobat nantinya . Nah , ini beberapa kiat belajar yang produktif buat kalian agar dapat menghindari rasa malas :

  1. MEMILIH WAKTU PRODUKTIF UNTUK BELAJAR

Pilihlah waktu yang tepat untuk belajar dimana kalian merasa nyaman saat belajar . Cara tersebut membuat materi bisa dipahami dengan baik , seperti contoh sebelum atau sesudah shalat Subuh , setelah shalat Ashar atau setelah shalat Isya .

  1. SABAR MENGULANG PELAJARAN

Seringkali seorang perlu mengulag bacaan untuk mendapatkan pemahaman yang final . Hal ini dapat dilakuakan dengan cara membaca materi berulang-ulang atau menyampaikannya kepada orang lain . Cara tersebut akan membantu sobat untuk lebih mengingat materi .

  1. MENULISKAN KEMBALI MATERI

Setelah membaca , Ada baiknya menuliskan kembali materi yang kita pelajari . Hal ini dapat meningkatkan daya ingat dan dapat melatih kecerdasan linguistik / bahasa .

  1. MENGKONDISIKAN TEMPAT BELAJAR SELALU RAPI

Ini bukan hal biasa , kawan !!! . Kerapian tempat belajar memiliki peran yang sangat penting kerapian tempat belajar membuat kita merasa nyaman dan memiliki mood positif untuk melakukan aktivitas .

  1. MAKANAN PENDUKUNG PRESTASI

Konsumsilah makanan berkadar nutrisi yang baik unutuk tubuh , seperti makanan 4 sehat 5 sempurna itu serta hindari makanan berpengawet dan berpenyadap . Makanan tersebut akan menstabiliskan kondisi fisik kawan , sehingga kita terhindar dari rasa malas , lesu , letih , dan kurangnya konsentrsi .

  1. TUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR

Menumbuhkan motivasi belajar salah satunya dengan cara membaca biografi orang-orang suklses dan memiliki target pencapaian prestasi yang baik . Membaca buku jenis tersebut , kita menjadi terpacu unutk bisa menjadi sukses seperti mereka .

Rasa malas itu datang dari diri sendiri , jadi hanya kita yang dapat menghilangkannya . Bila rasa malas datang , coba lakukan gerakan – gerakan ringa n , banyak melihat pemandangan yang hijau , serta menghirup udara segar . Selain itu , carilah penyemangat yang efektif tuk menyuntikan motivasi ke dalam diri kita . Misalnya , bergabung dengan teman-teman yang berprestasi dan berdiskusi dengan mereka . Jangan segan untuk bertanya meteri yang belum sobat kuasai . Maka dari itu KOBARKAN SEMANGAT BELAJARMU ! ! !kartun-semangat-belajar

Mind Mapping : Gaya Belajarku

Saat kita belajar , seringkali materi yang dipelajari itu susah untuk masuk dalam memori kita kawan . Nah , hal ini tentu bikin kawan-kawan pusing . Apalagi pas itu mau ujian , terpaksa deh , ngehapalin semua materi sekaligus memakai sistem SKS (Sistem Kebut Semalam) . Padahal setiap orang punya cara belajarnya masing-masing . Tips berikut ini dapat mengubah gaya belajar kawan-kawan yang sesuai dengan diri pribadi masing-masing :GAYA-BELAJARKU-2

  1. GAYA BELAJAR VISUAL

Orang yang gaya belajar ini biasanya suka membaca buku dan melihat-lihat gambar . Supaya pelajarannya lebih mudah dipahami dan dGAYA belajariingat . Nah , orang dengan gaya ini disarankan untuk menandai bagian-bagian penting dengan warna-warna yang berbeda . Bisa menggunakan stabilo , spidol atau mungkin pulpen berwarna . Selain lebih berwarna dan menarik , mengingat materinya pun jadi lebih mudah karena rapi . Bisa juga dengan memberi tanda khusus seperti ringkasan di samping bacaan . Visual Leaner juga menerapkan belajar dengan membuat ringkasan akan suatu bacaan .

  1. GAYA BELAJAR AUDITORI

Gaya belajar ini akan lebih efektif dengan cara mendengarkan meteri . Orang dengan tipe ini lebih tertarik pada sesuatu yang dijelaskan dengan perkataan daripada membacanya sendiri . Auditory Leaner punya kemampuan ingat yang bagus dan biasanya akan mengucapkan dengan nada keras dan berulang-ulang . Strategi belajar untuk tipe ini adalah berdiskusi atau membahas suatu topik bersama guru atau teman . Bisa juga dengan rekaman yang dibuat sebelumnya .

 

  1. GAYA BELAJAR KINESTETIK

Cara belajar yang mengarah pada pengalaman dan latihan adalah gaya ini . Mereka mendapat informasi dengan cara studi khusus , praktik dan melakukan latihan . Jadi , nggak heran kalau orang dengan tipe ini punya rasa ingin tahu yang besar dan nggak bisa diam . Strategi belajar yang paling cock dengan orang yang bertipe ini adalah praktikum , melakukan eksperimen , ke laboratorium , atau bisa juga menyambungkan materi dengan kejadian nyata yang dialaminya sendiri .

GAYA belajar

Nah . . . begitulah macam gaya belajar yang tinggal kawan-kawan sendirilah yang menerapkannya pada kehidupan belajar kalian , terapkanlah dan semoga bermanfaat . Sekian . . . .

Creative , Why Not !!!

Apa sih kreativitas itu ?   Kata-kata kreativitas itu KREATIFsangatlah familiar di telinga kita . Kreativitas atau daya cipta adalah proses munculan gagasan baru yang melihat subjek dari prospektif yang baru atau secara istilah berarti pemunculan ide-ide baru . Kreatifi
tas dapat dikembangkan dengan cara bertahap dan setiap orang memiliki kekreatifannya sendiri-sendiri . Tergantung suatu individu itulah yang ingan mengembangkan krativitasnya atau tidak , akan tetapi masih banyak orang yang bingung tentang bagaimana caranya menjadi kreatif ? Berikut ini hal-hal yang sekiranya menjadi tips buat kawan-kawan tuk mengubah rasa kebingunan kalian menjadi bekal keprioritasan tuk mengembangkan kreativitas ke depannya , cek it dot :

  1. MENGEMBANGKAN HOBI

Mengembangkan hobi adalah cara yang tepat untuk melepaskan energi kreatif . Kenapa mengembangkan hobi ? Karena dunia penuh dengan kesibukan sementara waktu untuk istirahat dan bersantai-santai  cenderung lebih sedikit . Sehingga hobi dapat membantu kita untuk sebagian besar dalam situasi itu . Pada dasarnya , hobi adalah kegiatan yang bisa kita lakukan di waktu luang dan membuat kita menjadi merasa lebih baik dan senang , karena merupakan kegiatan yang sesuai kreativitas tiap individu . Semakin sering kita melakukan hobi, perlahan-lahan kreativitas juga akan meningkat tergantung pada hobi yang dimiliki .

  1. MEMECAHKAN MASALAH-MASALAH

Ternyata memecahkan masalah dapat membuat kita jadi lebih kreatif , loh ! Kok bisa ? Soalnya ketika kita sedang memecahkan suatu masalah , kadang-kadang kita butuh imajinasi . Kita dapat mencobanya dengan membuat suatu masalah yang perlu dicari solusinya, dengan begitu kita akan menemukan bahwa ada banyak imajinasi yang dapat diterapkan untuk menyelesaikan masalah . Biasanya masalah bisa timbul dimana saja , khususnya seperti disuatu diskusi mengenai suatu hal , maka dari itulah kita akan dilatih memecahkan suatu masalah dengan mufakat .

  1. MENGIKUTI KELAS TAMBAHAN YANG MEMICU KREATIVITAS

Salah satu cara mudah untuk mengembangkan kreativitas adalah dengan mengikuti kelas tambahan yang memungkinkan kita untuk berimajinasi juga . Seperti mengikuti kelas gitar , melukis , menggambar, dll . Sehingga memfokuskan kita untuk berkreasi dengan imajinasi atau dengan kata lain membuat kita bekerja dengan otak kanan .

  1. MEMPERBANYAK MEMBACA BUKU

Membaca dapat membuat kita menjadi lebih kreatif . Yup ! Sebab , membaca buku dapat membuat kita berimajinasi setiap kali membayangkan kalimar per kalimat menjadi sebuah gambaran abstrak dalam otak . Dengan semakin banyak buku yang kita baca , maka emosi serta imajinasi kita akan terlatih dengan sendirinya ketika menelaah suatu bacaan , sehingga kreativitas kita bisa terasah dengan baik .

Nah . . . masih berpikiran kalau kreatif itu susah ? Kreativitas jangan dipandang sebagai hal yang susah untuk dilakukan kawan . Coba saja dulu ! Kreativitas akan berkembang menjadi yang lebih baik daripada sebelumnya , asalkan kita memprioritaskannya secara teratur . Selamat mencoba , kawan !

Halitosis ???

Apakah itu bau mulut ?   Halitosis atau biasa disebut dengan bau mulut adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan nafas tidak sedap , harum , maupun segar pada saat dihembuskan . Di lingkungan sekitar kita , sering terjadi masalah bau mulut yang kebanyakan dideritai oleh remaja-remaja sekarang . Yang perlu diperhatikan ialah faktor-faktor apa sih yang berkaitan dengan bau mulut . Faktor penyebab halitosis dapat dibagi jadi dua , yaitu faktor luar dan faktor dalam . Faktor luar antara lain adanya sisa makanan dalam mulut baik karena jarang tuk dibersihkan . Sedangkan , faktor dalam meliputi karies gigi , radang kronis pada saluran pernafasan , gangguan pencernaan , dan lain-lain . Halitosis umumnya dipengaruhi oleh dua faktor , oral dan non-oral . Faktor penyebab oral meliputi kebersihan mullut yang buruk atau adanya penyakit periodontal . Sedangkan , faktor non-oral meliputi seperti kronis serta saluran pencernaan . Faktor lain yang dapat menyebabkan halitosis adalah faktor resiko seperti tembakau , alkohol , mulut kering , diet , makanan dan minuman , obat-obatan , dan gigi tiruan .

Selain itu kawan ,…. ada juga makananhalitosis1-makanan tertentu yang dapat menimbulkan halitosis . Antara lain : bawang putih , bawang merah , dan lobak . Sedangkan minuman yang dapat menyebabkan halitosis antara lain minuman beralkohol , produk susu , dan lain-lain . Berikut ini beberapa tips tuk mengubah mulut yang bau menjadi harum   , ada 3 yaitu :

  1. Oral Hygine

 

Pada dasarnya adalah membersihkan sehingga mengurangi plak atau sisa-sisa makanan serta mengurangi jumlah bakteri agar aktivitas bakteri dapat ditekan sehingga halitosis akan berkurang . Mengurangi plak dengan cara gimana ? yaitu  membersihkan mulut dengan menggosok gigi secara teratur .

  1. Obat Kumur

Penggunaan obat kumur dengan bahan antibakteri dapat mengurangi halitosis dengan cara mengurangi jumlah bakteri serta menghambat aktivitas bakteri .

  1. Perbanyak mengonsumsi tomat

Mungkin kawan-kawan sudah familiar dengan buah yang satu ini . Ternyata banyak manfaat dari tomat jika dikonsumsi secara mentah dan segar . Khasiat dari tomat ini bisa diperoleh dengan mengolahnya menjadi jus tomat segar , dengan mengolahnya menjadi jus maka manfaat didalamnya dapat lebih optimal karena nutrisi dalam tomat tidak hilang ketika dalam pengolahannya .